maaf telat postingnya he..he...
Dapat bbm dari teman klo ni mlm ada gerhana bulan total yang diawali dengan 'Perkawinan' cakran Bulan dengan penumbra. menurut Ma'rufin Sudibyo selaku astronom bahwa gerhana bulan yang menjadi gerhana bulan total terakhir di tahun 2011 ini akan menghiasi langit Indonesia pada sabtu (10/12) malam. Meski dimulai sekitar pukul 6 sore, gerhana baru bisa terlihat oleh mata telanjang saat bulan bersentuhan dengan umbra sekitar pukul 19.46 WIB.
Ditambahkan oleh Ma'rufin, bahwa puncak pertunjukan terjadi sekitar pukul 21.07 dan berlangsung selama kurang lebih 50 menit. saat-saat seperti ini bulan akan berwana merah darah seperti di film-film wolfman. selain unik karena menjadi gerhana bulan terakhir di tahun 2011, gerhana bulan total ini juga bakal didampingi oleh Jupiter, gugus tujuh bintang bersaudara (pleiades), galaksi Awan Magellan besar dan kecil, serta bintang Sirus (salah satu bintang paling terang di jagad raya, menyaingi matahari). selain itu juga, bulan akan berada persis di depan galaksi Bimasakti. Di belakang bulan nanti bakal terlihat kabut tipis yang menandakan keberadaan salah satu galaksi tertua di jagad raya.
Setelah membaca isi BBMnya teman, kamera dan tripod pun sy siapkan untuk mengabadikan moment langka ini. namun cuaca malam ini tidak bersahabat, hujan membasahi tanah "Selayar heaven Park". hujan baru berhenti sekitar jam 21.20 namun awan tebal masih menutupi bulan. barulah sekitar pukul 22.15, bulan pun menampakkan dirinya. walaupun begitu, gerhana bulannya masih terlihat sampai sekitar pukul 23.00. lumayan bisa melihat secara langsung moment langka ini ^_^

0 komentar:

Posting Komentar